MODEL
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Lingkungan Hidup
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/I
|
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
|
Satu
kali pertemuan
|
Standar
Kompetensi
|
|
1.
Menerapkan Kebersihan, Kesehatan, dan Keindahan di Rumah, Sekolah, dan
Masyarakat
|
Kompetensi
Dasar
|
|
1.1. Menjelaskan
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
|
Indikator
KETERCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
I.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
|
II.
|
MATERI AJAR
|
a. Materi Pokok
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah dengan
membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS)
b. Materi
Pembelajaran
Waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS):
1. sebelum makan
2. setelah buang air besar
3. sebelum memgang bayi
4. setelah menceboki bayi
5. sebelum menyiapkan makanan
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1. basuh kedua tangan dengan air yang mengalir
2. gosok kedua permukaan tangan dengan sabun seperti
bersalaman
3. gosok sela-sela jari hingga kuku
4. bilas kedua tangan dengan air yang mengalir
5. keringkan tangan dengan lap bersih dan kering
|
III.
|
ALOKASI WAKTU
|
o
2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
Satu kali pertemuan
|
IV.
|
METODE /SUMBER/ALAT,
BAHAN
|
o
Metode : Diskusi , Demonstasi
o
Sumber :
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SD/MI kelas 6 terbitan PT. Erlangga
Lingkungan sebagai sumber belajar
o
Alat
dan Bahan : Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun dengan kran air/tong air
Sabun
Lap
kering
|
V.
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Selalu aku jaga dengan mencucinya
Lalu melakukan tepuk CTPS dengan diawalai aba-aba
dari guru
Guru memberi aba-aba : Tepuk CTPS
Cuci Tangan
Prok prok prok
Pakai Sabun
Prok Prok
Bebas Kuman
Prok Prok Prok
Hidup Sehat
Yes!
|
|
|
|
|
VI.
|
PENILAIAN HASIL
BELAJAR
|
Rubrik
Penilaian
- Jenis
Penilaian : Tertulis dan Unjuk kerja
- Bentuk
Penilaian : Uraian
- Instrumen
Penilaian :
Indikator pembelajaran
|
Indikator soal
|
Butir – butir soal
|
Kunci jawaban
|
Menyebutkan
waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS)
|
Disajikan
sebuah pertanyaan, peserta didik dapat menyebutkan waktu yang tepat dan benar
untuk melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).
|
Tuliskan
lima waktu yang tepat dan benar untuk melakukan kegiatan cuci tangan pakai
sabun (CTPS) !
|
Lima waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah :
1. sebelum makan
2. setelah buang air besar
3. sebelum memgang bayi
4. setelah menceboki bayi
5. sebelum menyiapkan makanan
|
Menjelaskan
tahapan-tahapan mencuci tangan pakai sabun dengan tepat dan benar
|
Disajikan
sebuah pertanyaan, peserta didik dapat menyebutkan tahapan-tahapan yang tepat
dan benar dalam melakukan cuci tangan
pakai sabun (CTPS).
|
Tuliskan
lima tahapan yang tepat dan benar dalam melakukan kegiatan cuci tangan pakai
sabun (CTPS)!
|
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1. basuh kedua tangan dengan air yang mengalir
2. gosok kedua permukaan tangan dengan sabun seperti
bersalaman
3. gosok sela-sela jari hingga kuku
4. bilas kedua tangan dengan air yang mengalir
5. keringkan tangan dengan lap bersih dan kering
|
Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima jawaban yang harus dimunculkan dengan masing-masing
jawaban bernilai 10 jika benar)
|
50
|
2.
|
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima jawaban yang harus dimunculkan dengan
masing-masing jawaban bernilai 10 jika benar)
|
50
|
Penentuan nilai akhir dengan cara menjumlahkan semua skor
perolehan.
Contoh : Nilai
Muhammad Amin
No 1 mendapat skor 30 karena hanya tiga
jawaban yang benar
No 2 mendapat skor 40 karena hanya empat jawaban yang benar
Jumlah skor perolehan 70
Tidak ada komentar:
Posting Komentar